Ciri Khas Motif Batik Cirebon

Ciri Khas Motif Batik Cirebon – Indonesia terkenal sebagai negara dengan kemajemukan budaya yang sangat eksotis. Opini ini seharusnya membuat kita sebagai negarawan nusantara memiliki rasa bangga sekaligus memiliki satu spirit untuk terus mengenalkan kebudayaan kebudayaan ibu pertiwi. Salah satu kebudayaan Indonesia yang mesti kita lestarikan dan kita kenalkan adalah batik. Ya, batik Indonesia merupakan salah satu karya budaya anak negeri yang mampu bercerita tentang karakter dan ciri khas sebuah daerah di  Indonesia. Bukan itu saja. Batik Indonesia sendiri memiliki keunikan yang luar biasa. Salah satunya adalah batik cirebon.

Batik cirebon merupakan batik yang diproduksi secara turun temurun di kota Cirebon Jawa Barat. Saat ini kota cirebon sendiri telah menjadi pusat atau sentra batik pesohor di Indonesia dengan kualitas yang setara dengan kota kota penghasil batik lainnya di Jabar. Bahkan kini batik Cirebon telah menjadi industri paling menguntungkan di Cirebon.

batik batik cirebon

Indahnya Batik Cirebon Mega Mendung

Batik cirebon terkenal dengan motifnya yang indah. Salah satunya adalah batik cirebon motif mega mendung. Batik cirebon motif ini menampilkan pola simpel yang berbentuk awan awan kecil dengan posisi yang sangat  eksotis.

Saat ini sebagian besar batik pesisiran cirebon menggunakan motif ini. Nah ini dia keunikannya. Karena ternyata motif mega mendung tidak ditemukan di daerah lain di pesisir utara pulau jawa.

Motif batik Cirebon mega mendung memiliki makna filosofis yang agung. Motif ini memiliki makna awan yang akan menurunkan air hujan sebagai lambang keberkahan atau sebagai lambang kehidupan. Jika melihat sejarah atau historisnya, ternyata motif ini ditulis untuk menceritakan tentang pernikahan salah satu ulama besar Cirebon asal Cina Sunan Gunung Jati dengan perempuan Tionghoa. Perpaduan kebudayaan yang terlarik dalam batik dengan gradasi yang pekat dan cerah dari proses pewarnaan yang berjumlah ganjil. Sungguh luar biasa indah.

Ciri Khas Motif Batik Cirebon

Sesungguhnya batik cirebon memiliki motif motif lain yang sangat banyak dan indah indah. Dari ragam motif dan corak inilah yang menjadikan Batik Cirebon memiliki ciri khas yang tidak bisa di tiru oleh batik asal daerah lain.

Pada umumnya, sebagian besar batik cirebon didominasi 5 jenis motif batik, yaitu :

  1. Motif Wadasan
  1. Motif Geometris
  1. Motif Batik Pangkaan
  1. Motif Pyur
  1. Motif Semarangan

Motif Wadasan

Motif wadasan adalah motif yang paling tua dan di sakralkan. Karena motif ini biasanya digunakan untuk keluarga keraton. Biasanya batik motif wadasan menggunakan ornamen ornamen tertentu yang di ambil dari keraton Cirebon. Salah satu jenis motif ini adalah motif mega mendung yang sangat indah.

Geometris

Motif geometris adalah motif batik cirebon yang diawal desain nya menuliskan garis garis lurus dan datar. Biasanya cara menulis garis tersebut menggunakan penggaris untuk menjaga kelurusan garis pada motif.

Pangkaan

Motif pangkaan adalah motif batik cirebon yang menggunakan gambar mahluk hidup sebagai motifnya. Biasanya mahluk hidup yang digunakan adalah binatang seperti burung serta beberapa rangkaian bunga yang warna warni.

Pyur

Motif pyur termasuk motif batik cirebon yang paling anggun. Karena di setiap sisi batik terdapat aneka ornamen bunga dan dedaunan berwarna hidup.

Semarangan

Motif semarangan adalah motif batik cirebon yang paling modern dan paling mudah dibuat. Karena ornamen yang digunakan hanyalah pengulangan dari ornamen atau motif yang telah ada.

Pingin beli batik Cirebon berkualitas tinggi? cari disini saja : https://tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s